Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Kisi-kisi Soal Olimpiade Bahasa Indonesia SMA, Anda Perlu Tahu!

9 Kisi-kisi Soal Olimpiade Bahasa Indonesia SMA, Anda Perlu Tahu!

Sebelum mengikuti olimpiade Bahasa Indonesia, para pelajar perlu mengetahui kisi-kisi soal olimpiade Bahasa Indonesia SMA dengan baik. Agar bisa dengan mudah menjawab setiap pertanyaan dengan tepat dan mendapatkan nilai yang memuaskan.

Sebagaimana olimpiade pada umumnya, olimpiade Bahasa Indonesia juga menggunakan kisi-kisi soal sesuai dengan materi pembelajaran tingkat SMA. Sehingga, pemahaman materi adalah kunci utama dalam menjawab soal olimpiade Bahasa Indonesia SMA dengan tepat.

9 Kisi-kisi Soal Olimpiade Bahasa Indonesia SMA, Anda Perlu Tahu!

Kisi-kisi Materi untuk Soal Olimpiade Bahasa Indonesia SMA

Ada beberapa materi atau kisi-kisi soal olimpiade Bahasa Indonesia SMA yang perlu Anda kuasai sebelum mengikuti olimpiade. Untuk bisa menjawab pertanyaan atau soal yang muncul saat olimpiade berlangsung. Yuk, simak ulasan berikut sebagai persiapan mengikuti olimpiade Bahasa Indonesia tingkat SMA.

1. Kesimpulan Paragraf

Kisi-kisi soal pertama yang perlu Anda kuasai sebelum mengikuti olimpiade Bahasa Indonesia adalah membuat kesimpulan suatu paragraf. Beberapa soal akan memberikan bacaan dalam bentuk paragraf dan mencari kesimpulan dari bacaan tersebut.

2. Laporan Perjalanan

Selain membuat kesimpulan paragraf, Anda juga perlu menentukan laporan perjalanan yang tepat sesuai dengan struktur dan kaidah yang berlaku. Laporan perjalanan memiliki struktur dan kaidah penulisan yang perlu Anda perhatikan dengan baik. Sehingga, Anda perlu mempelajarinya lebih mendalam.

3. Gagasan Pokok

Pada beberapa tingkat pendidikan, pokok pembahasan menjadi salah satu materi yang seringkali muncul dan cukup mengecoh. Sehingga, pelajar membutuhkan konsentrasi penuh untuk mencari pokok pembahasan suatu paragraf atau bacaan.

4. Amanat dalam Sambutan Upacara

Upacara bendera seringkali identik dengan sambutan yang akan kepala sekolah berikan dengan tujuan tertentu. Sehingga, tidak membingungkan lagi bila para pelajar yang mengikuti olimpiade diminta untuk menentukan Amanat dari suatu narasi sambutan.

5. Kalimat Fakta dan Kalimat Opini

Sesuai dengan tingkat pendidikan, pelajar SMA dianggap mampu membedakan antara kalimat fakta dan opini. Sehingga, seringkali soal olimpiade Bahasa Indonesia meminta peserta lomba untuk menentukan kalimat fakta atau kalimat opini.

6. Jenis Teks dan Bacaan

Selain kisi-kisi di atas, soal olimpiade juga seringkali berupa beberapa jenis teks dan bacaan. Seperti halnya jenis teks cerita rakyat, hikayat atau jenis teks tertentu. Selain itu, beberapa soal olimpiade juga membahas jenis bacaan anekdot yang mengandung humor.

7. Negosiasi

Negosiasi yang baik memiliki struktur dan sistem yang perlu Anda ketahui dan pahami. Sehingga, pada beberapa acara olimpiade seringkali menyertakan soal dengan materi ini. Karena dengan menguasai konsep negosiasi, Anda bisa memberikan penawaran terbaik yang Anda miliki untuk mencapai suatu tujuan.

8. Informasi Verbal dan Informasi Nonverbal

Selanjutnya adalah memahami perbedaan konsep antara informasi verbal dan nonverbal. Pada soal dengan kisi-kisi ini, Anda akan menemukan percakapan atau kutipan informasi. Untuk kemudian Anda indentifikasi jenis informasi tersebut termasuk verbal atau informasi nonverbal.

9. Resensi Buku

Kisi-kisi kesembilan yang seringkali ada dalam soal olimpiade Bahasa Indonesia adalah resensi buku. Anda perlu memahami bagian-bagian atau struktur yang harus ada dalam resensi buku dan kaidah yang berlaku. Bahkan, beberapa soal olimpiade juga seringkali meminta peserta lomba untuk membuat resensi dari buku tertentu.

Baca Juga:

Selain 9 kisi-kisi soal olimpiade di atas, Anda juga bisa mempelajari beberapa contoh soal Bahasa Indonesia yang seringkali muncul saat olimpiade. Demikian ulasan singkat mengenai soal olimpiade Bahasa Indonesia SMA, semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "9 Kisi-kisi Soal Olimpiade Bahasa Indonesia SMA, Anda Perlu Tahu!"