Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jelaskan Pengertian Kerjasama Fungsional ASEAN Secara Lengkap dan Informatif

Jelaskan Pengertian Kerjasama Fungsional ASEAN Secara Lengkap dan Informatif

Berbicara mengenai pembahasan “jelaskan pengertian kerjasama fungsional ASEAN”, pada umumnya memiliki cakupan yang cukup luas. Mengingat arti dari ASEAN sendiri memang diperuntukkan bagi setiap / beberapa negara yang terlibat. Bahkan juga mempunyai manfaat pentingnya juga.

Jelaskan Pengertian Kerjasama Fungsional ASEAN Secara Lengkap dan Informatif

Pengertian Kerjasama Fungsional ASEAN Secara Umum

Pada umumnya, pengertian dari kerjasama fungsional ASEAN merupakan bentuk kerjasama yang memiliki cakupan cukup luas. Antara lain seperti dalam bidang kebudayaan, pendidikan, penerangan, lingkungan hidup, pengetahuan serta tekhnologi, kesehatan, penanganan bencana alam dan lain-lain.

Masih ada cakupan bidang yang terlibat dalam kerjasama fungsional ASEAN, seperti ketanagakerjaan, pengentasan kemiskinan, pembangunan sosial, kepemudaan, pemberdayaan perempuan, penanggulangan narkoba, serta peningkatan administrasi dan juga kepegawaian publik.

Contoh dari beberapa kerjasama fungsional ASEAN tersebut, meliputi ASEAN Culture Week, Youth Camp, Quiz, workshop dan simposium dalam bidang seni serta budaya, kerjasama antar kesehatan, pembangunan, ketenagakerjaan, kesejahteraan sosial, pertukaran kunjungan antar seniman dan lainnya.

Informasi Penting Terkait Kerjasama Fungsional ASEAN

Sesuai dengan pembahasan sebelumnya yang menjelaskan, bahwa kerjasama fungsional ASEAN ini memiliki cakupan yang cukup meluas. Misalnya saja dalam bidang kesehatan, pendidikan, lingkungan hidup, teknologi, pengentasan kemiskinan dan lain-lain. Ada pun informasi penting lain :

1. Pengertian dari Jabatan Fungsional Secara Umum 

Pada umumnya, jabatan fungsional merupakan suatu kedudukan yang menunjukkan sebuah tanggung jawab, tugas, wewenang serta hak dari seseorang dalam satuan organisasi. Dengan pelaksanaan tugasnya tersebut, mereka didasarkan pada keahlian maupun ketrampilan tertentu.

Bahkan sifat dari pelaksanaan tersebut adalah mandiri. Tidak heran jika kerjasama fungsional ASEAN ini meliputi cakupan bidang yang sangat luas. Mengingat arti dari jabatan fungsional ini juga mencakup suatu wewenang, tugas, tanggung jawab terhadap organisasi / bisa dikatakan bidang.

2. Apa yang Indonesia Dapatkan dari Kerjasama Fungsional ASEAN?

Seperti yang telah Anda ketahui, bahwa kerjasama fungsional ASEAN ini memiliki cakupan yang cukup luas. Dari sinilah manfaat bisa didapatkan dari suatu negara, termasuk Indonesia sendiri. Melakukan kerjasama semacam ini, tentu saja akan memberikan dampak yang baik untuk mereka.

Seperti misalnya kerjasama pembangunan pedesaan serta pengentasan kemiskinan. Dengan adanya kerjasama tersebut, tentu saja dapat menjadikan suatu tempat atau lokasi terkait bisa berubah menjadi lebih baik. Masyarakat miskin bisa mencukupi kebutuhan hidupnya tanpa bingung soal biaya.

3. Bidang Kerjasama Fungsional ASEAN

Pada umumnya, ASEAN ini memiliki bidang kerjasama fungsional yang cukup membantu keberlangsungan hidup dari setiap bangsa. Salah satunya seperti di Indonesia tanah air ini. bentuk kerjasama mereka mampu memaksimalkan pembangunan, program peningkatan sesuatu dan lain-lain.

Kerjasama fungsional tersebut antara lain program peningkatan kesehatan. Seperti misalnya makanan dan juga obat – obatan yang membantu keberlangsungan kesehatan warga. Kemudian, pertukaran budaya serta seni dan festival film ASEAN, dan penyelenggaraan pesta olahraga.

Keuntungan Memiliki Jabatan Fungsional 

Secara umum, kerjasama fungsional ini juga memiliki keterkaitan erat dengan jabatan / pejabat fungsional. Mengingat memang ASEAN bentuknya adalah secara menyeluruh dan mendunia. Jadi, tidak heran jika semua bentuk kerjasamanya mempunyai peranan yang sangat besar untuk negara.

1. Memperoleh Kesempatan Menaikkan Pangkat / Golongan Lebih Tinggi 

Salah satu keuntungan yang sudah pasti bisa Anda dapatkan ketika memiliki jabatan fungsional, yaitu mendapatkan pangkat atau bahkan golongan yang jauh lebih tinggi. Selain pejabat pelaksana, hal tersebut tentu saja akan membawa keberuntungan bagi seorang PNS yang menjabat fungsional.

Pangkat atau pun golongan dari jabatan fungsional, rata – rata jauh lebih tinggi daripada jabatan pelaksana. Dengan menjadi jabatan fungsional ini, semua orang akan mendapatkan peluang besar untuk dapat memeproleh pangkat tinggi, naik pangkat lebih cepat dan hal ini sangat menguntungkan.

2. Pejabat Fungsional Memiliki Tunjangan Lebih Besar

Selain itu, ada keuntungan yang jauh lebih menarik lagi. Adanya tunjangan yang lebih besar untuk pejabat fungsional. Jika coba Anda telaah lebih dalam, antara kerjasama fungsional dengan jabatan tersebut. Seakan memiliki keterkaitan erat, karena honor yang mereka dapatkan besar.

Dengan begitu, pihak yang ikut bekerja sama bisa menjalankan misinya untuk mengembangkan negara menjadi lebih baik lagi. Semakin tinggi kelas terhadap jabatan tersebut, maka akan tinggi pula tunjangan yang pihak terkait punyai. Baik itu tunjangan jabatan atau bakan kinerjanya sekali pun.

3. Peluang Mengembangkan Ide Jauh Lebih Luas

Perlu Anda ketahui, sama seperti ASEAN yang memiliki bentuk kerjasama fungsional. Bagi pemilik jabatan fungsional ini, mereka bisa lebih mempunyai banyak motivasi untuk bisa meningkatkan keterampilan serta pengetahuannya yang tentu saja sesuai dengan jabatan tersebut.

Tentu saja akan ada banyak sekali ilmu dan juga pengalaman yang akan mereka dapatkan. Bahkan pola pikirnya pun juga ikut berubah menjadi lebih baik serta akan lebih jauh memahami proses birokrasi negeri. 

4. Memiliki Kesempatan Tinggi Menjadi Pejabat Pimpinan 

Tidak hanya itu saja, menjadi pejabat fungsional itu juga tidak akan menutup kesempatan pihak terkait dalam menduduki jabatan lain yang ada di luar jabatan fungsional. Bahkan Anda pun juga bisa menduduki peringkat yang jauh lebih tinggi dari saat ini. 

Perlu Anda ketahui, hal tersebut sudah ada dalam UUD pasal 54 ayat 1 dan juga 3 serta pasal 107 PP Nomor 11 tahun 2017. Isinya menyatakan bahwa pejabat fungsional masih mempunyai kesempatan besar untuk bisa menduduki jabatan struktural.

Baca Juga:

Seperti itulah beberapa penjelasan secara detail, mengenai informasi pengertian kerjasama fungsional ASEAN. Pada pembahasan di atas, seperti yang Anda lihat bahwa kerjasama fungsional mampu memberikan dampak positif yang cukup banyak untuk negeri. Termasuk Indonesia.

Posting Komentar untuk "Jelaskan Pengertian Kerjasama Fungsional ASEAN Secara Lengkap dan Informatif"