Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Logo Seni Budaya: Pengertian, Aspek dan Ciri Logo yang Baik dan Benar


Salah satu jenis logo yang seringkali masyarakat lihat dan kenali adalah logo seni budaya. Logo tersebut akan dengan mudah ditemukan oleh pelajar dan pengajar atau bahkan oleh menteri dan pihak budayawan.

Penggunaan logo seni budaya juga cukup bervariasi, mulai dari identitas kelompok seni budaya atau bahkan identitas sanggar budaya. Semakin terkenal suatu kelompok budaya, maka semakin kompleks dan menarik pula logo yang mereka miliki. Hal tersebut terjadi karena logo seringkali menjadi lambang kesuksesan dan ketenaran suatu instansi atau kelompok tertentu.

Logo Seni Budaya: Pengertian, Aspek dan Ciri Logo yang Baik dan Benar

Pengertian dari Logo Seni Budaya

Logo merupakan simbol yang mencerminkan visi, misi dan tujuan yang dimiliki oleh suatu kelompok atau instansi tertentu. Sedangkan logo seni budaya adalah salah satu jenis logo yang menjadi lambang dari suatu kelompok budayawan yang fokus pada kesenian tertentu.

Karena menjadi lambang dan cerminan dari suatu kelompok, pembuatan logo memerlukan pertimbangan yang cukup matang. Agar makna dan arti yang logo tersebut miliki bisa mempresentasikan dengan baik suatu instansi atau kelompok tertentu.

Bahkan, sebuah logo yang menarik akan dengan mudah menarik minat masyarakat terutama klien ataupun target pasar. Sehingga, logo menjadi salah satu strategi marketing atau pemasaran yang paling penting dan harus ada.

Aspek dan Ciri-ciri Logo yang Baik dan Benar

Setelah mengetahui pengertian logo, Anda juga perlu mengetahui aspek dan ciri-ciri dari logo sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Yuk, simak ulasan berikut ini secara lengkap untuk bisa membuat logo yang baik dan benar.

1. Aspek yang Harus Ada dalam Logo

Ada beberapa aspek yang perlu Anda perhatikan untuk membuat logo yang baik dan menarik. Berikut ini 3 aspek yang perlu ada dalam logo untuk membuat logo menjadi menarik yang perlu Anda ketahui.

• Sederhana

Aspek pertama yang perlu ada dalam sebuah logo adalah sifat kesederhanaan. Sifat kesederhanaan dapat membuat logo menjadi menarik dan tidak membosankan. Namun, logo tetap harus menarik walaupun sederhana.

• Unik dan Menarik

Aspek yang selanjutnya yang harus ada dalam logo yaitu unik dan menarik. Hal ini bertujuan untuk membuat logo yang Anda buat memiliki daya tarik tersendiri bagi orang-orang yang melihatnya. Selain itu, logo yang unik juga memiliki ciri khas tersendiri.

• Sesuai dengan Fungsi

Aspek terakhir yang perlu ada yaitu membuat logo sesuai dengan fungsi yang Anda butuhkan dan inginkan. Fungsi logo bisa menyesuaikan dengan identifikasi kegiatan, jasa atau bahkan produk yang Anda miliki.

2. Ciri-ciri Logo yang Baik dan Benar

Selain mengetahui 3 aspek yang harus ada dalam logo, Anda juga perlu mengetahui ciri-ciri Logo yang baik dan benar. Berikut ciri-ciri logo yang baik dan benar yang perlu Anda perhatikan dengan seksama.

• Membuat logo yang berbeda dengan instansi atau kelompok lain

• Menggunakan font dan ukuran huruf yang sesuai

• Tidak menggunakan terlalu banyak kombinasi warna

• Menggunakan objek dan gambar yang memiliki makna dan filosofi terkait instansi dan kelompok

• Nama kelompok, brand atau inisial instansi atau kelompok mudah terbaca

• Memiliki daya tarik tersendiri dan unik

• Tidak mengandung nilai plagiat dari logo lain

Baca Juga:

Bagaimana, menarik bukan ulasan di atas? Anda bisa membuat logo yang baik dan benar sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda atau kelompok tertentu. Demikian ulasan singkat mengenai logo seni budaya, semoga bermanfaat.


Posting Komentar untuk "Logo Seni Budaya: Pengertian, Aspek dan Ciri Logo yang Baik dan Benar"