Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fungsi Seni Budaya Nusantara yang Wajib Diketahui Bangsa Indonesia

Fungsi Seni Budaya Nusantara yang Wajib Diketahui Bangsa Indonesia

Seni budaya nusantara merupakan warisan leluhur yang kelestariannya menjadi tanggung jawab setiap bangsa Indonesia. Negara Indonesia sendiri dikenal oleh bangsa-bangsa di luar sana karena kayanya seni budaya yang ada di Indonesia. Ada banyak sekali fungsi seni budaya nusantara sehingga menjadikan penting untuk selalu merawat dan melestarikannya. 

Dari berbagai daerah di Indonesia akan memiliki ciri khas seni budaya tertentu yang dapat menonjolkan daerah tersebut. Selain itu, adanya banyak perbedaan dan keragaman seni budaya nusantara dapat menjadi daya tarik tersendiri untuk mengunjungi daerah tersebut. 

Pengetahuan akan fungsi  dari sebuah seni budaya dapat membantu bangsa Indonesia untuk lebih mencintai seni budaya. Sehingga semua bangsa di Indonesia mengenal dengan baik seni-seni yang ada di negaranya sendiri. 

Fungsi Seni Budaya Nusantara yang Wajib Diketahui Bangsa Indonesia

Fungsi Seni Budaya Nusantara 

Fungsi dari seni budaya nusantara  dibedakan menjadi beberapa cakupan bidang yang berbeda. Berikut ini adalah beberapa bidang fungsi seni budaya beserta sedikit ulasannya. 

1. Religi 

Sejak zaman dahulu kala upacara-upacara keagamaan sering sekali menggunakan seni budaya pada  prosesinya. Hal ini untuk menyampaikan pesan religi dari upacara tersebut. Upacara-upacara yang menggunakan seni budaya antara lain, upacara pernikahan, upacara kelahiran bayi, dan upacara kematian. 

Oleh karena itu, tidak mengherankan bila seni budaya nusantara memberikan kesan yang sakral dan mistis. Pada zaman sekarang penggunaan seni budaya untuk upacara-upacara tersebut masih ada  di beberapa daerah. Khususnya daerah yang menganut adat kuno yang kental seperti pulau Jawa. 

2. Pendidikan 

Pendidikan merupakan salah satu bidang yang mendapatkan pengaruh cukup besar atas keberadaan seni budaya nusantara. Fungsi seni budaya nusantara dalam bidang pendidikan adalah untuk mengajarkan kepada generasi-generasi bangsa mengenai banyak hal. Ajaran-ajaran tersebut adalah tentang kehidupan, sopan santun, dan saling menghormati.

Namun, sayangnya fungsi yang satu ini seperti kurang mendapatkan perhatian lagi. Masyarakat sekarang tidak menganggap bahwa seni budaya mampu memberikan ajaran tersebut pada generasi mudanya. Padahal ajaran ini secara turun-temurun berhasil mencetak generasi muda yang baik dan memiliki rasa cinta terhadap budaya Indonesia. 

3. Hiburan 

Sudah bukan lagi rahasia bahwa seni budaya nusantara memiliki fungsi sebagai media untuk hiburan. Adanya pagelaran seni budaya di setiap daerah di Indonesia pasti bisa membantu masyarakatnya mendapatkan hiburan yang indah dan bermakna.

Jenis seni budaya yang sering menjadi pilihan untuk pagelaran adalah seni tari dan seni musik. Kedua jenis seni budaya ini mampu menampilkan pertunjukan yang indah dan menakjubkan. Terkadang masing-masing jenis seni budaya ini tampil sendiri-sendiri dan terkadang menjadi satu bentuk pertunjukkan yang utuh.

4. Terapan 

Seni budaya nusantara juga memiliki fungsi kegunaan untuk membantu kehidupan sehari-hari manusia. Seni yang secara khusus memiliki fungsi ini adalah seni rupa 3 dimensi. Produk-produk dari seni ini berupa perabotan rumah tangga, perhiasan, senjata, hiasan dinding, dan pakaian. 

Baca Juga:

Meskipun menonjolkan fungsi dari produk seninya, seni nusantara dari seni rupa tidak meninggalkan unsur keindahan. Perkembangan dari seni ini sangat terpengaruh pada beberapa agama yang saat itu singgah di Indonesia. Jadi, pada zaman tertentu seni rupa sangat khas dengan suatu agama dan akan bergeser ketika mendapat pengaruh lain. 

Itulah empat fungsi seni budaya nusantara yang harus Anda ketahui sebagai bangsa Indonesia.  Rasa cinta terhadap seni budaya harus terus ada pada seluruh lapisan masyarakat Indonesia. Sehingga seni budaya itu sendiri dapat lestari dan terhindarkan dari kepunahan.

Posting Komentar untuk "Fungsi Seni Budaya Nusantara yang Wajib Diketahui Bangsa Indonesia"